Selesai Studi -- Persiapan Meninggalkan Prancis

Posted by Unknown on Wednesday, August 27, 2014 with No comments

Liburan musim panas akan berakhir dalam sepekan mendatang, dan para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di Prancis akan kembali ke Tanah Air ataupun akan pindah kota, seperti kata pepatah diatas, baiknya para mahasiswa menyelesaikan urusannya dengan baik.


Apa sajakah yang harus dilakukan untuk meninggalkan Prancis? Akan kembali ke tanah air selain akan membawa kenangan tentunya harus menyelesaikan beberapa urusan administrasi di Perancis

A. MENINGGALKAN APPARTEMENT / Résiliation du bail de l’appartement

Untuk meninggalkan appartement ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para mahasiswa diantaranya
  1. Melaporkan dan Mengajukan permohonan pindah appartement/ demande de résiliation d’un bail kepada Crous/ Agence Habitat, untuk tahapan ini harus dipelajari peraturan agence nya, karena ada agence yang menentukan bahwa Permohonan harus dikirimkan sekurang-kurangnya H-3 bulan atau 3 bulan sebelum pindah sudah mengirim surat permohonan. Cek pada Bail/ kontraknya misal tertera kalimat yang diatur oleh Undang-undang La Loi dite Borloo : “le locataire a la possibilité de quitter son logement à tout moment (même avant le délai d’un an), sous réserve de donner un préavis de 1 mois à son bailleur.”  Artinya apaprtement dapat ditinggalkan meskipun kurang dari 1 tahun dengan syarat mengajukan permohonan H-1 bulan.  Apabila kita tidak melaporkan apakah kita tidak bisa pindah? BISA, namun kita tetap harus membayar sewa kamar tersebut atau kita bisa mencarikan ganti orang yang menempati kamar kita. Contoh suratnya bisa didownload berikut : Résiliation de bail“la restitution du logement et les visites des personnes qui s’intéresseraient à cet appartement seront organisées” kalimat tersebut perlu dicantumkan agar pihak Agence memberitahu kita ketika ada yang akan visite chambre, jangan sampai kita masih mandi ada yang masuk ke kamar karena setelah kita mengajukan permohonan résiliation pihak Agence berhak untuk melakukan Visite Chambre ketika ada yang berminat. Jadi mulailah menjaga kebersihan dan kerapian kamar.
  2. Melakukan état de lieu, artinya memeriksa kondisi kamar seperti kita pertama kali masuk. Yang perlu dilakukan adalah (1) meminta RDV untuk état de lieu ke Gardien, setelah kita mengirim surat ke Agence, baiknya Gardiennya diberikan tembusan agar bisa tahu kalau kita akan pindah. (2) État de lieu biasanya dilakukan H-1 dari tanggal kepindahan. Bersihkan kamar dan letakkan perabotan seperti saat masuk dahulu. (3) Cocokkan kondisi kamar dengan kondisi yang tertera di bail/ kontrak awal awal.
  3. Uang jaminan/ du dépôt de garantie/ caution , setelah tahap 1 dan 2 kita akan mengembalikan kunci kamar ke Agence dan menerima uang caution yang kita bayarkan dahulu … Kapankah kita akan menerima uangnya? pembayarannya juga tergantung dari aturan agence, bisa H+3 bulan dari kepindahan yang akan ditransfer ke rekening kita. Untuk urusan Bank baca langkah penutupan bank… Apakah kita akan menerima utuh uang caustion? uang yang akan kita terima tergantung dari hasil état de lieu. Artinya jika état de lieu sempurna kita akan menerima utuh uang jaminan. jika terdapat “catatan” kita harus bertanggung jawab, misal (1) berkurang 25€ jika Drap housse pembungkus kasur terkena noda, (2) berkurang 10€ untuk pertiap lobang paku didinding (3) berkurang 100€ jika kamar tidak bersih. Dan memungkinan kita tidak menerima caution bahkan terkena denda tambahan jika kerusakan yang kita timbulkan sangat parah sehingga biaya penggantian dan perbaikannya melebihi Caution kita.

B. PENUTUPAN BANK

Sangat tidak dianjurkan untuk meninggalkan Compte de banque dalam kondisi terbuka karena ketika kita meninggalkan appartement, boite à lettres akan diganti dengan nama penghuni baru, dan surat-surat dari bank akan kembali ke Bank… rekening tak bertuan tersebut dapat ditengarai sebagai modus “pencucian uang”. Untuk penutupan bank dapat dilakukan dengan cara:
  1. Permohonan penutupan langsung / demander la clôture d’un compte/ la résiliation d’un compte bancaire Direct , kita menghubungi conseilleur bank kita untuk membuat RDV dan mengajukan demander la clôture d’un compte. Untuk penutupan secara langsung, pihak bank sudah memiliki format, sehingga kita tinggal tanda tangan saja. Atau bisa dengan surat berikut :
    Penutupan bank langsung
  2. Permohonan penutupan tak langsung / demander la clôture d’un compte indirect, kita akan meminta penutupan rekening bank, namun kita masih ada urusan yang membutuhkan rekening tersebut, misal kita masih punya tagihan atau kita akan menerima transfer uang caution logement (lihat kembali point A.3). Setelah menyerahkan surat permohonan, penutupan tak langsung ini bisa kita lakukan dengan cara penyetopan CB dan suivre penutupan selanjutnya melalui Compte virtuel kita, dengan cara mengirim pesan ke Conseilleur. Berdasarkan pengalaman, kirim-kiriman pesan ke Conseilleur BNP Paribas dan akhirnya berhasil menutup rekening  2 bulan kemudian.  Contoh surat :penutupan bank langsung Penutupan bank Penutupan bank tak langsung
  3. Penarikan sisa uang , uang yang masih ada di bank tersebut dapat ditarik baik secara tunai maupun secara transfer. Ketika secara tunai, seperti pada penutupan langsung, kita tidak akan menerima uang secara langsung karena Agence tidak memiliki uang cash, kita akan diberikan RDV untuk uang tersebut, kita dapat meminta pecahan uang yang kita minta misalnya seluruhnya dalam pecahan 100€. Atau agar simple bisa ditarik dahulu uangnya melalui ATM namun pecahannya tidak dapat ditentukan, sesuai dengan uang yang ada di ATM.
  4. Transfer uang, rekening yang ditutup harus NOL untuk itu sisa saldo dapat ditransfer ke nomor rekening teman, jangan lupa bawa RIB nya atau Transfer ke Indonesia.
  5. Transfer uang ke Indonesia cara transfer uang ke Indonesia, misal LCL dapat dilakukan dengan biaya 16€ setiap kali transfer dengan batas maksimum 16 000 €, uang akan tiba 3-5 hari dan kurs nya sesuai dengan waktu tiba masuk ke rekening.  Data yang dibutuhkan : (1) Bank Identifier Code (BIC)/ SWIFT CODE yakni kode pengenal yang berbeda-beda antar satu bank dengan yang lainnya, misal Bank Mandiri : BMRIIDJA, (2) IBAN (Nomor rekening di Indonesia dengan menambahkan IDI didepannya, misalnya ID139xxxx -tanpa spasi. (3) Nama dan alamat kota penerimanya. Beberapa Daftar BIC bank dapat dilihat : BIC
  6. Kartu ATM/ Cartes Bancaires /CB dan buku cek/chéquier  harus diserahkan kepada pihak Bank ketika kita mengajukan permohonan penutupan baik secara langsung maupun secara tak langsung. Jadi kalau mau punya kenang-kenangan … discan saja.. ^_^

C. PENUTUPAN TELEPHONE

Abonnement téléphone yang kita pakai juga harus ditutup, agar tidak ada perpanjangan kontrak secara otomatis ketika masa abonnement berakhir. Caranya :
  1. Kirimkan surat permohonan résiliation ke operator telephone. contoh suratnya: Penutupan telp
  2. Tunggu surat konfirmasi dari pihak operator
Pihak operator telephone adalah perusahaan swasta, mereka tidak dapat “mengejar” pelanggannya hingga ke negara asalnya, bagi WN non français. jadi bagi ingin melakukan Arnaque bisa dengan cara mendaftar abonnement H-2 bulan sebelum kepulangan dan setelah itu kirim surat permohonan penutupan. Maka bisa mendapatkan HP hanya dengan membayar 2 bulan saja, namun hal ini tidak disarankan, nanti HP nya tidak berkah… Resiko : tidak dapat mendaftar pada operator tersebut ketika kita kembali ke Perancis.  Tapi jangan coba-coba melakukannya kepada lembaga pemerintah, meskipun 0,5€ akan ditagih dan akan di black list. Pengalaman seorang teman terpaksa datang ke Lyon hanya untuk menutup rekening listriknya karena Surat dari EDF tidak menemukan boite à lettre akibat tidak melakukan pemindahan alamat (lihat point F).

D. PENGIRIMAN BARANG

Barang-barang dapat kita kirimkan ke Indonesia dengan jasa La Poste atau dengan jasa lainnya.
  1. Via La poste : http://www.poste.ch/post-versand-international-gk
  2. Via jasa Pulang Kampung : http://www.pulangkampung.eu/
  3. Pengiriman khusus buku via la poste: maksimum 5kg biaya sekitar 14€,  paket Livres et Brochures  Bisa baca di : http://www.laposte.fr/entreprise/relation-clients/courrier-international?id=173&pdt_id=#conditions Acces Klik dibagian  “conditions d’accès” à droite :
    “Tarifs réservés à l’envoi de Livres et Brochures devant présenter impérativement un caractère éducatif, scientifique ou culturel. La liste complète des objets admis : livres, brochures et revues, recueils, annales, mémoires, thèses, bulletins, partitions de musique, cartes géographiques, manuscrits d’ouvrages ou de journaux, cours par correspondance, devoirs originaux d’élèves et leurs corrigés, photocopies des documents précités.”
E. BARANG LAINNYA

Jika barang-barang tersebut tidak akan dibawa pulang ke Indonesia bisa ada beberapa alternatif :
  1. diwariskan ke mahasiswa Indonesia lainnya
  2. dijual melalui http://www.leboncoin.fr/
  3. didonasikan melalui site : http://www.recupe.net/
  4. dibuang, untuk alternatif ini saya tidak menyarankan untuk barang-barang yang masih bisa digunakan oleh orang lain, marilah kita melaksanakan agenda “Pembangunan Berkelanjutan”/ développement Durable lebih baik gunakan laternatif 1-3 diatas. Sedangkan untuk barang yang sudah tidak dapat digunakan, perhatikan aturan pembuangannya seperti membuang TV dan électroménager ke Déchetterie/ Déchèterie juga minyak habis pakai, pakaian. Untuk botol buanglah di Silos. Untuk plastik, kertas dan kaleng lakukanlah Trie / atau pisahkan dengan sampah lainnya agar dapat didaur ulang. Sampah-sampah lainnya akan dibakar di incenerateur jadi service kebersihan tidak akan membuka-buka plastik sampah kita. Jika apes, saat membuang sampah tidak sesuai aturannya tersebut bisa terkena denda;

F. PEMINDAHAN ALAMAT

Ketika kita akan pulang namun masih ada beberapa urusan yang belum kelar, sedangkan boite à lettres kita sudah ditutup, kita dapat menggunakan jasa La poste “La Réexpédition définitive nationale” untuk memindahkan alamat, artinya semua surat yang ditujukan ke kita akan dirimkan ke alamat baru tersebut. Cara menuliskan alamat : NOM prenom (kita) Chez M/Mme/Mlle…. (alamat baru/alamat teman). Chez atau A.n dalam bahasa Indonesia, karena tanpa Nama pemilik Kotak Surat, surat-surat tersebut tidak akan dimasukkan oleh petugas La Poste. Tarifnya : 23,5 € untuk 6 bulan dan 42€ untuk 1 tahun untuk wilayah Perancis, bisa juga untuk dikirim ke Indonesia dengan tarif berbeda. Lengkapnya baca di : https://boutiqueducourrier.laposte.fr/reexpedition-definitive-nationale#xtor=AL-43

Catatan: semua surat yang dikirimkan melalui post harus menggunakan Lettres recommandées Avec Accusé de Réception (AR)


G. MENGURUS CAF

Untuk urusan CAF sudah pernah dibahas dalam tulisan Cara Mengurus CAF yakni jika pindah alamat untuk pulang for good yang perlu diperhatikan adalah mekanisme penerimaan uang CAF selama ini.
  1. Jika uang diterima melalui Agence, agar membahas mekanisme uang CAF yang masih menjadi Hak kita ketika kita melakukan résiliation du bail.
  2. Jika uang diterima melalui rekening kita, maka lebih baik rekening tidak ditutup sebelum bantuan CAF masuk.
Untuk kedua mekanisme diatas sebaiknya mengirim surat pemberitahuan ke CAF kalau kita tidak tinggal di appartement tersebut.


Dipublikasi ulang dari Blog Arie Fitria dengan sedikit perubahan.