Bekerja Sebagai Pelajar di Prancis: Informasi, Peluang, Tips dan Trik

Posted by Unknown on Thursday, January 22, 2015 with No comments



Mencari kerja job étudiant (kerja kecil-kecilan sebagai student) atau kerja fulltime di negara asing tempat kita belajar adalah hal yang sangat menantang. Banyak orang bilang sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Sebagaimana nasihat profesor  saya terngiang di telinga saya “voir la bouteille à moitié pleine plutôt qu'à moitié vide” yang artinya kita harus lihat botol dalam kondisi setengah penuh bukan setengah kosong. Melihat peluang dalam setiap kondisi dan celah.

Di sini, saya akan membagi pengalaman suka duka saya, jerih payah, serta lelah, lesu, lunglai dalam pencarian kerja sebagai mahasiswi di Lyon, dan sekarang di Chambéry (notabenenya kota Chambéry lebih kecil dari Lyon). Saya juga akan berbagi tips dan trik manggaet si kekasih tercinta “lowongan pekerjaan”. Pertama-tama, saya akan menjelaskan mengenai jenis-jenis pekerjaan yang bisa kita apply sebagai pelajar di Lyon, lalu waktu yang tepat untuk apply kerja tersebut, serta tidak lupa  perkiraan gaji yang bisa kita terima.

Walaupun dalam artikel ini, saya mengungkapkan pengalaman saya di kota Lyon dan Chambéry, saya pikir apa yang saya alami juga dapat dijadikan referensi bagi teman-teman yang studi di wilayah lain di Prancis, mengingat tidak terlalu banyak perbedaan dalam hal job étudiant di negara ini.
Sebagai pelajar asing di Prancis, kita mempunyai hak untuk bekerja sebanyak 60% dari durasi legal bekerja di Prancis atau sekitar 964 jam/tahun (sekitar 20.50 jam/ minggu) dengan visa de long séjour  tertulis "étudiant" dan  carte de séjour temporaire  tertulis "étudiant".

Akan tetapi, untuk teman-teman yang kuliah dengan program Alternance atau yang biasa kita sebut dengan program kuliah dan magang (le contrat d’apprentissage untuk yang berumur antara 16-25 tahun), kalian bisa melakukan permohonan untuk izin kerja ke DIRECCTE dengan membawa dokumen yaitu :
· Kartu carte de séjour temporaire dengan tulisan « étudiant » atau récépissé de renouvellement de la carte yang masih berlaku
· Kartu pelajar
· Bukti sertificat pendaftaran formasi untuk minimal level master atau formasi dengan titulaire « travail salarié »
· Fotokopi kontrak kerja « contrat d’apprentissage, promesse d’embauche, ataupun surat keterangan hubungan kerja »   

Satu hal yang harus diingat, teman-teman harus berhati-hati apabila ingin bekerja di negara yang berbatasan dengan Prancis, atau daerah frontier. Sebagian besar negara-negara ini tidak memperbolehkan kita dengan yang memiliki permanent residence Prancis untuk bekerja di negaranya karena kita bukan warga negara Uni Eropa.

Sebagai contoh di Swiss, saya sempat mendapatkan wawancara kerja untuk bekerja di bandara Geneva. Namun,saya menghadapi permasalahan terkait izin kerja karena saya adalah warga negara di luar Uni Eropa walaupun saya mempunyai carte titre de séjour Prancis. Kita pun tidak dapat bekerja di Swiss bahkan jika  kita mempunyai kartu permanent residence Prancis 2 tahun ataupun 10 tahun.

Ada beberapa macam jenis pekerjaan yang dapat ditemukan., Mulai dari pekerjaan untuk pelajar (job étudiant),  pekerjaan musiman (job saisonnier/ d’été),  pekerjaan gelap (travail au noir). Penting bagi kita untuk memahami setiap jenis pekerjaan ini sebelum memutuskan mana yang harus kita daftar.

Job étudiant dapat kita temukan dalam beberapa bentuk, bisa dalam wujud kontrak jangka pendek (CDD) atau kontrak jangka panjang paruh waktu (CDI à temps partiel).  Sedangkan pekerjaan musiman (job saisonnier) biasanya hanya dapat kita lakukan selama liburan dingin (Desember – Januari atau Februari) dan musim panas (Juni-Agustus).

Nah, bagaimana dengan waktu yang tepat untuk mendaftar pekerjaan? Berikut saya rangkum dalam tabel dengan penjelasan waktu pendaftaran untuk setiap tipe pekerjaan :

Jenis Pekerjaan
Waktu ideal pendaftaran
Contoh jenis pekerjaan
Paruh waktu (CDD/CDI à temps partiel) untuk tahun ajaran baru
Agustus – September
-Baby-Sitter
-Soutien scolaire (guru privat)
-Vendeur (penjual di toko/pasar)
-Nettoyage/ femme de chambre (cleaning service di rumah pribadi, hôtel, kantor)
-Plongeur (pembersih peralatan makan), serveur
-Resepsionis, dll
Job saisonnier vacances Noël (Desember-Januari/ Februari)
September –Oktober
-Animateur
-Pet-sitting
-Vendeur/animateur di bandara, dll
Job Saisonnier Vacances d’hiver Februari
Oktober- Awal Januari
-Animateur des enfants/ Adultes
-Vendeur / animateur di bandara
Job Saisonnier Vacances Printemps
Tergantung perusahaan tetapi rata-rata dari bulan Februari-awal April
-Accueil Banque
-Animateur des enfants/ vacances
Job d’été
Maret/April –Mai
-Agent d’accueil
-Agriculture (pemetik buah)
-Animateur
-Inventaire, caisse, delivery, Manutentionnaire(pengaturan rayon dan stock di supermarket)
-Resepsionis
-Nettoyage/femme de chambre
-Pet-sitting, dll
Job Mission
Kapan saja, tergantung misi
-Enquêteur (tukang survey)
-Street-marketing (pembagi flyers, penjualan product dengan membagi sampel gratis)
-Animateur vente (seperti street-marketing akan tetapi di dalam toko atau mall)
-Travail d’affichage publicitaire (memasang poster iklan di jalan)
-Ambassadeur de Marque
Magang mulai bulan februari
Oktober/November
Semua jenis pekerjaan
Magang musim panas (Juni/juli-Agustus/September)
Maret - awal April
Semua jenis pekerjaan


Perkerjaan-pekerjaan tersebut bisa kita temukan lewat situs pekerjaan di masing-masing universitas, di papan pengumuman kantor balai kota (Mairie dan Hôtel de Ville), sekolah (SD, SMP, SMA), ataupun di papan pengumuman perpustakaan kampus, toko roti, dan tentu saja, melalui internet.

Saya akan melampirkan beberapa situs yang bisa teman-teman gunakan untuk mencari kerja yang dapat di akses secara gratis, yaitu:




Berdasarkan pengalaman saya, situs L’Etudiant, Student Job, Jobetudiant, CRIJ, dan Adecco memberikan saya banyak panggilan untuk wawancara. Tetapi, bukan berarti situs-situs yang lain tidak memberikan kita peluang untuk pekerjaan ya… karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Pendaftaraan melalui Club Étudiant untuk assuransi pelajar SMERRA dan LMDE, dalam jangka waktu kurang lebih seminggu atau dua minggu, teman-teman akan mendapatkan panggilan wawancara melalui telepon. Sama halnya dengan Adecco, setelah mendaftar, biasanya kita akan langsung mendapatkan panggilan wawancara melalui telepon untuk tahap pertama dengan agen Adecco, lalu wawancara tahap kedua dengan perusahaan (bisa langsung tatap muka ataupun telepon).

Lalu sekarang pertanyaan yang tentu sangat penting, bagaimana dengan gaji yang diterima? Saya akan hanya sharing jumlah gaji berdasarkan pengalaman pekerjaan saya. Sebagai Enquêtreur/Trice, saya dibayar berdasarkan jumlah orang yang saya tanya untuk survei. Gajinya adalah sekitar 1,50€ kotor per orang yang disurvei dengan prime. Atau dengan jumlah total sekitar 20.27€. Akan tetapi, peraturan gaji ini tergantung dengan masing-masing agen survei. Ada pula pengalaman teman saya lain untuk pekerjaan ini, dia di bayar dengan gaji SMIC atau reguasi upah minimum yaitu 9,53€ kotor per jam.

Untuk pekerjaan baby-sitting, rata-rata gaji yang bisa kita terima adalah antara 7€-10€ per jam. Terkadang untuk baby-sitting kita tidak menandatangani kontrak jadi dapat dikatakan kita kerja  gelap (travail au noir). Hal ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya atau berisiko secara legal. Hanya saja, kita tidak akan mendapat uang pensiunan nanti dan penambahan porsi uang CAF (APL).

Sedangkan untuk pekerjaan lainnya seperti street-marketing, vendeur, dan lain-lain, gaji yang diberikan rata-rata sesuai dengan standar SMIC (9.53€ kotor). Jumlah gaji yang kita terima bergantung dengan jumlah jam kerja kita. Sebagai contoh saat saya kerja sebagai pembagi flyer, saya bekerja selama 8 jam dan gaji yang saya terima 62,62€ bersih. Jadi gaji bersih yang saya terima sekitar 7.82€ bersih per jam.




Kalau kalian menjadi guru, gaji yang dapat kalian terima sekitar 10€-12€ per jam. Saat ini, saya menjadi guru bahasa Inggris dengan pendapatan 12€/jam net dengan prime. Untuk mendapatkan informasi pekerjaan sebagaiai guru privat, kalian juga bisa melihat situs Complétude (saya bekerja dengan mereka sekarang dan kinerja mereka untuk para pekerjanya bagus) atau dengan Acadomia. Akan tetapi untuk mendaftar di kedua situs tersebut, kalian harus memenuhi salah satu persyaratannya ; yaitu kalian harus minimal telah menyelesaikan study tinggat S1.

Untuk teman-teman yang belum mendapatkan ijazah S1-nya, jangan khawatir. Kalian dapat mendaftar di situs https://www.bygroop.fr/ untuk memasang iklan jika kalian ingin memberikan les bahasa, musik, atau kemampuan lainnya.

Bagaimana dengan penjual di pasar? Berdasarkan pengalaman teman saya yang berjualan di pasar, dia mendapatkan gaji bersih 50€ untuk 5 jam dari jam 7 pagi hingga 12 siang. Sebagai tukang bersih-bersih, saya dulu bekerja tanpa kontrak. Akan tetapi saya mendapatkan gaji 10€/jam. Pengalaman teman saya yang bekerja sebagai cleaning service dengan agen, dia mendapatkan gaji 10€/jam net.

Bagaimana dengan pet-sitting? Gajinya bergantung dengan pemilik hewan tersebut. Biasanya sekitar 8€ per jam hingga 12€/jam. Akan tetapi banyak orang yang memberikan tarif paket untuk beberapa minggu atau bulan. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, kalian bisa mengunjungi website www.gardicanin.fr jika tertarik dengan pekerjaan pet-sitting.

Selain itu bagi teman-teman yang ingin bekerja musim panas di bank, kalian bisa coba mendaftar di LCL karena setiap tahun mereka selalu membuka peluang pekerjaan job d’été (http://www.lcl.com/recrutement/etudiants/job-vacances.jsp) atau kalian bisa datangi satu persatu agen bank lain yang ada di Lyon.

Pasti teman-teman sekarang berpikir, “bagaimana sih caranya mendapatkan pekerjaan dengan mudah?” atau “saya sudah cari-cari di internet semalam suntuk tapi gak dapat-dapat”. Salah satu solusinya adalah SABAR. Terkadang panggilan pekerjaan tidak akan datang dengan sendirinya dan tidak mungkin langsung jatuh dari langit. Kalian harus giat-giat melihat situs pekerjaan yang ada, selain itu informasi mengenai forum pekerjaan atau magang.

Sebagai contoh, di Lyon setiap bulan September dan April selalu di adakan forum pekerjaan (forum job d’éte untuk bulan April). Selain itu, kalian harus sering kunjungi forum pekerjaan yang diselenggarakan oleh beberapa universitas seperti Université Lyon 3 yang selalu menyelenggarakan forum tersebut setiap tahun untuk pekerjaan musim panas. Selain itu, kalian juga harus sering melihat situs dari Mairie de lyon, Lyon Campus, atau Office de tourisme Lyon. Mereka biasanya membuka lowongan pekerjaan musim panas. Untuk Mairie de Lyon, aplikasi untuk pekerjaan musim panas harus di kirim paling lambat sekitar tanggal 30 April melalui situs www.recrutement-mairie.lyon.fr.  

Selain proses pencarian pekerjaan yang merupakan hal yang vital, persiapan untuk wawancara juga merupakan hal yang perlu kita siapkan. Penampilan kita saat wawancara harus kita perhatikan. Usahakan kita mempersiapkan presentasi mengenai profil kita (pendidikan, pengalaman pekerjaan dan pengalaman kepemimpinan di organisasi, serta kemampuan bahasa yang kita kuasai) tidak lebih dari 5 menit. Sangat penting juga bagi teman-teman untuk mempelajari profil perusahaan yang kita incar untuk memberikan gambaran bahwa kita memiliki visi dan nilai yang sama dengan pekerjaan yang kita lamar.


Voilà ! Sekian informasi saya seputar pekerjaan dan tips dan trik untuk mendapatkannya. Semoga informasi bermanfaat untuk teman-teman. Selamat ber-hunting ria et bonne chance!


Penulis: Awatrawika Atmyanegoro (M1 IAE Savoie Mont-Blanc)




Sumber : meltycampus.com