Memilih dan Membuka Rekening Bank Prancis

Posted by Unknown on Monday, August 25, 2014 with No comments

Memiliki rekening bank adalah salah satu hal paling vital ketika tinggal di Prancis. Membuka rekening bank Prancis juga menjadi hal yang paling pertama harus dilakukan setelah tiba di Prancis. Banyak pelajar yang baru datang sering kali bingung memilih bank dan bagaimana cara membuka rekening bank di Prancis?


Untuk menjawab kebingungan itu, PPI Lyon datang membawa kabar gembira, yaitu kerja sama antara PPI Lyon dengan BNP Paribas (Agence Gratte Ciel) bagi para pelajar Indonesia.



Sedikit cuplikan historis, kerja sama ini diawali dari pengurus PPI Lyon 2011-2012 yang membuka rekening atas nama asosiasi dan menjalin perjanjian kerja sama dengan BNP Paribas Gratte Ciel. Poin-poin kerja sama ini sangat menguntungkan PPI Lyon juga para pelajar Indonesia.

Apa saja keuntungan yang didapatkan?
  1. Pelajar Indonesia yang membuka rekening di BNP Paribas Gratte Ciel akan mendapat kemudahan berupa GRATIS biaya administrasi (biasanya 5-6€ /mois) selama 2 tahun.  
  2. Penarikan uang tunai gratis di luar Prancis dibeberapa agen yang bekerjasama dengan BNP Paribas (umumnya dikenakan biaya 1-2€ / transaksi)
  3. Bagi yang berlangganan asuransi SMERRA, ketika membuka rekening akan memperoleh kado senilai 25-47€ dengan menunjukkan carte vitale.
  4. Tak lupa fasilitas lainnya yang umum didapatkan rekening pelajar, seperti pengalaman seorang anggota PPI yang mendapatkan bonus 30€  selama sekali di akhir tahun.
  5. PPI Lyon akan mendapat rémunération sesuai dengan jumlah nasabahnya. Tentunya ini digunakan sebagai kas PPI ;)
  6. PPI Lyon mendapat fasilitas gratis mencetak brosur, poster, tiket dsb dgn mencantumkan logo bnp paribas dan dikirimkan 25 hari sebelumnya.
Bagaimana cara memperoleh keuntungan ini?

Simpel saja, dengan membuka rekening di BNP Paribas Agence Gratte Ciel:

BNP Paribas Agence GratteCiel
1 Avenue Henri Barbusse 
69100 Villeurbanne  

Transport: Metro A - Bus C26, Bus 69 arrêt Gratte Ciel

Lalu bagaimana langkah-langkah pembukaan rekening baru (dengan mendaftar sebagai anggota pelajar Indonesia)?

  1. Menghubungi conseilleur BNP Paribas untuk PPI Lyon, yaitu Adeline Chantre (yang tertera di poster) melalui email adeline.chantre@bnpparibas.com untuk meminta rendez-vous. Jam operasional untuk rendez-vous adalah hari Selasa-Jumat, Pukul 10h-17h (Jam istirahat Pk. 12h15 - 13h30).
  2. Di tanggal yang telah disepakati dengan Mme. Chantre, datang ke Agence Gratte Ciel (alamat di atas) dengan membawa dokumen pembukaan rekening yang dibutuhkan:
  • Passport atau carte de séjour yang masih berlaku
  • Carte étudiante atau certificate de scolarité yang masih berlaku
  • Attestation d'hebergement au moins de 3 mois, dapat berupa faktur EDF, telepon fixed, gas, atau box internet atas nama sendiri. Kontrak logement atau quittance de loyer tidak dapat digunakan. Jika faktur EDF atas nama orang lain (misalnya colocataire atau famille d'accueil), dapat menggunakan attestation yang ditandatangani oleh orang tersebut yang menyatakan kita tinggal bersama dia dilengkapi fotopoki kartu identitasnya. Untuk yang tinggal di CROUS, dapat membawa attestation dari CROUS.
  • Justificatif de ressource, seperti attestation de bourse  atau job etudiant (Jika ada)
  • Jika sebelumnya telah memiliki rekening bank lain, membawa reléves de compte selama 3 bulan terakhir
Berapa lama proses pembukaan rekening bank ini?
 
Proses pembukaan rekening ini berlangsung cepat dan tidak ribet. Di hari yang sama, kita sudah bisa menerima nomor rekening (RIB) dan mengurus akun BNP Paribas online. Sedangkan untuk kartu ATM, BNP Paribas menggunakan kartu VISA yang dicetak nama kita dan biasanya membutuhkan waktu 1 minggu setelah rekening dibuka.


Bisakah memanfaatkan kerja sama ini di bank lain ataupun BNP Paribas selain Agence Gratte Ciel?

Sayangnya tidak bisa, karena kerja sama dengan asosiasi sifatnya lokal dengan satu agence tertentu dan tidak berlaku di BNP Paribas secara general.

PPI Lyon tidak memaksa atau mewajibkan pelajar Indonesia untuk harus membuka bank di sini. Namun, melihat simbiosis mutualisme dan keuntungan yang diperoleh secara personal maupun organisasional, alangkah baiknya jika kita profiter bien cette opportunité :)



Ditulis oleh: Tim Media PPI Lyon 2013-2014