Cara Mengurus / Memperpanjang Titre de Séjour

Posted by Unknown on Sunday, August 03, 2014 with No comments
 

Titre de Sejour atau Carte de Sejour atau CDS adalah KTP sementara yang diberikan Pemerintah Perancis kepada Warga Negara Asing yang tinggal di Perancis, dengan CDS ini para WNA memiliki hak-hak dan kewajiban sebagaimana Warga Negara Perancis seperti hak untuk mendapatkan Carte Vitale (Assuransi Kesehatan), kewajiban mendeklarasikan penghasilan tahunan sebagai wajib pajak (déclarer le revenue), membayar pajak rumah (taxe habitation)  etc.


Hak dan kewajiban tersebut juga dipengaruhi oleh status CDS karena CDS memiliki status yang berbeda-berbeda sesuai dengan kegiatan atau tujuan kedatangan para WNA ke Perancis. Bagi mahasiwa, isteri dan anaknya akan mendapatkan CDS dengan satatus : Carte de séjour “étudiant” – “conjoint d’étudiant” – “stagiaire”. 

Masa berlaku CDS juga berbeda-beda ada yang 2 tahun, ada yang 5 tahun, 10 tahun bahkan ada yang tahunan.


Kapan dapat mengurus/memperpanjang CDS?
  • Pengurusan CDS pertama kali dilakukan jika kita telah tinggal lebih dari setahun di Perancis (setelah setahun sebelumnya izin tinggal diperoleh dari OFII).
  • Untuk mengurus / memperanjang CDS bisa dilakukan H-2 bulan dari habisnya masa berlakunya visa étudiant atau masa berlaku CDS sebelumnya.
  • Jika kita lupa, keterlambatan memperpanjang CDS masih dapat dilakukan H+20 hari dari masa berlaku, lebih baik dihindari keterlambatan.
Dimana dapat mengurus / memperpanjang CDS?
  • CDS dapat diperpanjang di Préfecture jam 9h 00 – 13 00 untuk pelajar (étudiant), misal untuk Lyon di Préfecture du Rhône – 106 rue Pierre Corneille – 69419 Lyon cedex 03
  • Pada bulan September – Oktober, perpanjangan CDS dapat dilakukan di Espace Multiservice Étudiants untuk menghindari kepadatan di Prefecture.  Layanan ini disediakan khusus bagi mahasiswa asing yang studi di Lyon. Untuk tahun 2014, pengurusannya dibuka sejak 4 September-13 Oktober 2014 di : 
 CROUS Résidence La Madeleine  
59, rue de la Madeleine ‐Lyon 7e
Contact: eme@universite-lyon.fr
Info lebih lanjut: htpp://universite-lyon.fr/eme

Dokumen apa saja yang harus dibawa untuk memperpanjang CDS Étudiant ?
Aucun dossier incomplet  ne sera pris en compte au guichet!!  Berkas yang tidak komplit, tidak akan pernah di terima oleh petugas.

Bawa seluruh dokumen ini (asli dan fotokopian)
  1. CDS Lama / Ancienne carte de séjour temporaire
  2. Passeport yang masih berlaku / Passeport en cours de validité  (photocopies de toutes les pages écrites et tamponnées)
  3. Akte catatan sipil Aseli dan terjemahannya serta fotocopynya / Justificatifs d’état civil (originaux + traductions), khusus bagi yang akan memperpanjang OFII / Visa long séjour valant titre de séjour (VLS-TS). Bagi yang menikah harus melampir akte pernikahan, akte anak, isteri. Bagi yang sigle / célibataire melampirkan akte kelahiran.
  4. Bukti tempat tinggal / Justificatifs de domicile  bagi yang Attestation Logementnya sudah lebih dari 3 bulan harus melampirkan tagihan pembayaran rumah atau tagihan telp atau listrik etc terbaru yang mencantumkan nama dan alamat kita. Bagi yang tinggal dengan famille d’accueil atau keluarga, maka tagihan telp atau listrik atas nama pemilik rumah.
  5. Foto 3 lembar yang sesuai dengan aturan/ 3 photographies d’identité (conformes à la norme ISO/IEC 19794-5 : 2005) Contoh Foto Resmi
  6. Bukti sebagai mahasiswa/ Justificatif de la poursuite des études dapat menggunakan Attestation Scolarité.Kartu student tidak berlaku. Untuk Attestation Scolarité harus hari-hati saat mendaftar sekolah swasta karena tidak semua sekolah diakui oleh pemerintah Perancis, khususnya yang jam belajarnya tidak memenuhi standar.
  7. Bukti perkuliahan yang sudah berlangsungRésultats pour l’année écoulée hasil atau nilai kuliah juga diminta dan khusus bagi doktorat tahun ke 4 harus melampirkan Attestation dari Dosen pembimbing
  8. Bukti penghasilan/ Justificatif de vos ressources dapat menggunakan Surat keterangan beasiswa minimal 615€/bulan bagi yang biaya sendiri melampirkan fotocopy rekening bank. Ingat rekening bank adalah rekening bank Perancis. Fotocopy rekening tersebut harus mendapatkan cap/ pengesahan dari pihak Bank. Masing-masing kota memiliki aturan tersendiri, misalnya seorang teman dapat memperpanjang CDS di Lyon dengan menunjukkan tabungan sejumlah 1.500 € namun kisah teman  lain di Montpellier diharuskan memiliki minimal tabungan 1.800€.  Dan Seorang rekan Doctorant di Paris, diminta menunjukkan sejumlah uang sebesar  615€ x 12 bulan = 7.382 € sebagai bukti bahwa dia dapat membiayai kuliahnya dalam 1 tahun kedepan.
Info lengkap dapat di download disini :
LogoPDF

Tips : Usahakan untuk datang sepagi mungkin karena antrian sangat panjang, ketika diperkirakan antrian pukul 13h 00 belum terlayani maka anda akan diminta kembali lagi keesokan harinya. Jangan lupa HP di cas atau membawa buku bacaan untuk menghindari kebosanan saat menunggu antrian..
Link penting :


*Dipublikasi ulang dari Blog Arie Fitria, dengan update mengenai Espace Multiservice Étudiants 2014.